Universitas yang Berhasil Meningkatkan Kualitas SDM Dunia

Universitas yang Berhasil Meningkatkan Kualitas SDM Dunia

Universitas yang Berhasil Meningkatkan Kualitas SDM Dunia – Perguruan tinggi juga memiliki kontribusi dragon slot yang sangat besar dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Hadirnya universitas di berbagai negara sejak ratusan tahun yang lalu merupakan langkah yang penting dalam mempersiapkan SDM, persaingan pasar, dan tenaga kerja di belahan dunia. Perguruan tinggi memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter dan mencetak lulusan yang berkualitas. Hal tersebut akan membawa generasi penerus bangsa ke arah yang lebih maju. Dapat dikatakan bahwa perguruan tinggi menjadi peletak dasar perkembangan ilmu pengetahuan, sistem pendidikan, dan penghasil ribuan sarjana.  Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak universitas yang andil mencetak tenaga kerja yang terampil dengan memberikan kualitas pendidikan yang sangat baik. Mereka menyediakan generasi penerus bangsa yang kompeten, mencetak pemimpin, dan pemikir suatu bangsa yang menentukan pembangunan negaranya.

Universitas Padua, Italia (1224 M)

Universitas Padua atau Università di Padova didirikan tahun 1222 Masehi dan merupakan bandito slot salah satu universitas tertua di Italia yang masih beroperasi. Universitas ini terkenal dengan penelitian revolusionernya di bidang ilmu astronomi, hukum, farmasi, dan filosofi. Di tahun 1545, Universitas Padua mendirikan Botanical Garden of Padova yang menjadi salah satu kebun akademis tertua di dunia. Hingga saat ini, universitas ini telah menampung sekitar 62.500 siswa di kota Padua yang tersebar pada delapan fakultas dan 32 departemen. Beberapa alumnus terkemuka dari universitas ini yakni Andreas Vesalius (ahli anatomi Belgia), William Harvey (ahli kesehatan Inggris yang pertama kali menjabarkan sistem sirkulasi darah tubuh manusia), Gabriele Falloppio (ahli anatomi kepala dan organ reproduksi, yang dikenal menjabarkan sistem di tuba falopi), dll.

Universitas Bologna, Italia (1088 M)

Universitas Bologna adalah universitas tertua di dunia yang sudah berdiri sejak 1088 Masehi. Universitas yang terletak di Bologna, Italia ini merupakan yang pertama di Eropa. Hingga kini, Universitas tersebut sudah menerima 87.760 mahasiswa, dengan 6.400 mahasiswa internasional. Universitas tersebut juga sudah mencetak banyak tokoh sejarah, termasuk empat orang Paus dalam gereja Katolik. Di abad ke-12 hingga ke-13, pelajar dari seluruh penjuru Eropa menimba ilmu di universitas tersebut. Ilmu sipil dan hukum merupakan dua jurusan yang terpopuler, tetapi ribuan mahasiswa sudah yang mengambil berbagai jurusan di kampus ini

Universitas Oxford, Inggris (1096 M)

Universitas ini menempati peringkat kedua setelah Universitas Bologna. Kampus yang terletak di Inggris ini didirikan pada 1096 Masehi. Banyak ilmuwan dan peraih nobel yang dilahirkan oleh kampus ini. QS World University mencatat ada 28 Perdana Menteri Inggris, 20 Uskup Agung Canterbury, 12 Santo, 27 peraih Nobel, 50 pemenang Hadiah Nobel, dan satu Sir Stephen Hawking. Oleh karena itu, Universitas Oxford tetap dihormati sejak dulu hingga saat ini

Universitas Paris, Perancis (1160-1250 M)

Universitas ini didirikan antara tahun 1160 dan 1250 Masehi di ibu kota Prancis. Universitas Paris, sering dikenal sebagai “la Sorbonne” yakni sebagai salah satu universitas pertama yang didirikan di Eropa. Universitas ini sempat berhenti beroperasi baccarat casino online antara tahun 1793 hingga 1896 ketika terjadi Revolusi Prancis. Saat ini, Universitas Paris tersebar menjadi 13 institusi otonom sejak tahun 1970, yang semuanya mempertahankan reputasi tinggi universitas aslinya.

Universitas Coimbra, Portugal (1290)

Awalnya Universitas ini didirikan di ibukota Portugis pada 1290, kemudian dipindahkan bebebapa kali oleh raja-raja terdahulu. Akhirnya menetap di Coimbra, pusat kota terbesar ketiga di negara tersebut dan rumah bagi banyak orang Romawi. Pada 2013, Universitas ini masuk daftar Warisan Dunia UNESCO sebagai pengakuan atas bangunan bersejarah, halaman terbuka, dan tradisi budaya. Hingga saat ini telah menampung lebih dari 24.000. Universitas Coimbra juga telah melalui banyak reformasi radikal dan selama beberapa dekade di abad ke-18 itu adalah satu-satunya universitas yang beroperasi di Portugal.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *